PROPOSAL

PENGADAAN PERALATAN MOBILER

PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BESAR
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 LHOONG
Alamat : Jl. Raya Banda Aceh –Meulaboh KM 56 Kode Pos 23354

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan dan kesehatan prima bagi kami, sehinggga dapat menyelesaikan Proposal usulan Bantuan Pengadaan Peralatan Mobiler pada SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar Tahun 2009, dalam rangka pengembangan untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam mewujudkan kualitas para lulusan yang sesuai dengan standar kebutuhan kerja atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan perlu adanya kesadaran dan komitmen yang dilakukan secara terencana, terarah, dan inovatif untuk mewujudkan para lulusan sebagai persiapan kebutuhan untuk memasuki dunia kerja ditengah kemajuan dunia pendidikan yang sarat dengan persaingan. Peralatan Mobiler sebagai sarana pendukung pembelajaran.
Proposal ini masih banyak kelemahan dan kekurangan, namun keinginan untuk mewujudkan terlaksananya proses pembelajaran dan mutu lulusan yang lebih baik sangatlah besar, atas bantuan dan perhatian semua pihak sangat kami ucapkan terima kasih.

Kepada Yth:
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Besar
Cq. Kepala Bidang Menengah
Di
Kota Jantho

Assalamulaikum Wr Wb.
Dengan hormat, Berdasarkan dengan hasil rapat Komite Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lhoong tentang keadaan kekurangan mobiler pada sekolah kami berupa meja/kursi siswa. Dengan ini kami mengajukan permohonan bantuan kepada Bapak sesuai dengan Proposal Bantuan Pengadaan Peralatan Mobiler. Demikianlah permohonan ini kami ajukan dengan harapan untuk dapat dikabulkan / direalisasikan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Aceh Besar. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih. Kami Yang Bermohon:

Lhoong, 09 November 2009
Komite Sekolah Kepala SMA Negeri 1 Lhoong

Tgk.Bukhari Yusmizar,S.Pd
Nip. 196201011984032026

LEMBARAN PENGESAHAN PROPOSAL

PENGADAAN PERALATAN MOBILER

SMA NEGERI 1 LHOONG

Lhoong, 09 November 2009
Komite Sekolah Kepala SMA Negeri 1 Lhoong

Tgk.Bukhari Yusmizar,S.Pd
Nip. 196201011984032026

Mengetahui,
Kasubdin Madrasah Menengah
Pendidikan Kabupaten Aceh Besar

Drs. Ramli Yahya
Pembina TK.I / Nip.131 902 926

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Seiring dengan era globalisasi dan bergulirnya reformasi dinegara ini telah membawa perubahan-perubahan mendasar dalam berbagai lingkungan termasuk lingkungan pendidikan. Salah satu contoh perubahan mendasar yang sedang digulirkan saat ini adalah manajemen pendidikan.
Adapun konsepsi pendidikan tertera dalam UUSPN No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat (1) sebagai berikut:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Definisi ini merupakan penafsiran formal dari ungkapan “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Suatu tafsiran yang utuh tidak meredusir atau mengkerdilkan manusia hanya sekedar cerdas secara intelektual (IQ), tetapi secara emosional (EQ), secara spiritual (SQ), dan secara fisikal (PQ). Definisi ini juga mengimplikasikan bahwa pendidikan bukan sekedar menyiapkan tenaga kerja (SDM) yang trampil, melainkan juga merupakan suatu proses pembudayaan dan transformasi nilai-nilai budaya bangsa, serta menyiapkan warga masyarakat bangsa dan negara yang baik (a good citizen).
Sementara itu berbagai indikator menunjukkan bahwa mutu pendidikan masih belum meningkat secara signifikan. Ditinjau dari kemajuan di era globalisasi, pendidikan di Aceh masih jauh kentinggalan dibandingkan dengan Provinsi lain. Dengan demikian para siswa disekolah-sekolah dibekali dengan pengetahuan yang melibatkan pendidik yang trampil dan tersedianya fasilitas media pendidikan yang memadai.
Hal ini sejalan dengan peraturan pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan yang merupakan kriteria minimum yang perlu dicapai oleh setiap satuan penyelenggaraan pendidikan salah satunya adalah perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk menjamin terwujudnya kompetensi lulusan.
Berkaitan dengan hal tersebut diatas, SMA Negeri 1 Lhoong dalam upaya meningkatkan mutu para lulusan yang lebik baik, sesuai standar kompetensi kebutuhan, baik kebutuhan yang bersifat kemasyarakatan yang mandiri maupun untuk melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu perlu mengupayakan terlaksananya proses pembelajaran yang lebih baik, khususnya dalam pembekalan kompetensi para siswa yang berkaitan dengan pengadaan peralatan mobile untuk proses pendidikan disekolah.

B. Visi dan Misi
Visi : Menciptakan lulusan yang berkualitas unggul berlandaskan IMTAQ dan IPTEK serta menghasilkan siswa yang berkompetitif.
Misi:
1. Meningkatkan kualitas organisasi dan manajemen sekolah dalam menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif.
2. Meningkatkan kualitas kompetensi guru dan pegawai dalam mewujudkan peningkatan kualitas pembelajaran untuk mencapai kompetensi siswa berstandar Nasional dan global.
3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung peningkatan siswa yang berkualitas.
4. Meningkatkan kualitas pembinaan kesiswaan dalam mewujudkan IMTAQ dan sikap kemandirian .
5. Meningkatkan kemitraan dengan masyarakat khususnya komite sekolah dalam menunjang kualitas SDM.

C. Tujuan dan Sasaran
Tujuan:
1. Membekali para siswa dengan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan seni agar mampu mengembangkan diri secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
2. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi siswa sesuai program studi yang dipilihnya.
3. Menyiapkan siswa agar mampu memiliki karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesionalnya.
Sasaran:
1. Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pengadaan peralatan mobiler pada SMA Negeri 1 Lhoong.
2. Mendukung Ketersediaan fasilitas pendidikan untuk penyelenggaraan pembelajaran
3. Untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan lulusan SMA Negeri 1 Lhoong dalam merespon perkembangan era globalisasi serta memiliki kompetitif dan komperatif .

USULAN PENGADAAN PERALATAN MOBILER

NO NAMA BARANG SATUAN
1 MEJA SISWA 80 UNIT
2 KURSI SISWA 80 UNIT
JUMLAH 160 UNIT